Rabu, 30 Januari 2013

PETA Kehidupan MANUSIA (Part3)



PETA Kehidupan MANUSIA

Allah swt berfirman :

فَأَيْنَ تَذْهَبُونَ                                              
maka ke manakah kamu akan pergi? (At Takwir : 26)

          MATI

    ALAM RAHIM

    ALAM DUNIA

    ALAM KUBUR

    BERBANGKIT

PADANG MAHSYAR

           HISAB

  CATATAN AMAL

          MIZAN

   TELAGA RASUL

         SIRATH

JANNAH       NERAKA


BEBERAPA DALIL YANG BERKAITAN DENGAN PETA BALIK MANUSIA.


Alam Rahim.

إِنَّ أَحَدَكُمْ يُجْمَعُ خَلْقُهُ فِي بَطْنِ أُمِّهِ أَرْبَعِينَ يَوْمًا ثُمَّ يَكُونُ فِي ذَلِكَ عَلَقَةً مِثْلَ ذَلِكَ ثُمَّ يَكُونُ فِي ذَلِكَ مُضْغَةً مِثْلَ ذَلِكَ ثُمَّ يُرْسَلُ الْمَلَكُ فَيَنْفُخُ فِيهِ الرُّوحَ وَيُؤْمَرُ بِأَرْبَعِ كَلِمَاتٍ بِكَتْبِ رِزْقِهِ وَأَجَلِهِ وَعَمَلِهِ وَشَقِيٌّ أَوْ سَعِيدٌ
Sesungguhnya setiap orang dari kamu diciptakan dalam perut ibunya selama empat puluh hari berupa nutfah, kemudian selama empat puluh hari menjadi 'alaqoh kemudian selama empat puluh hari pulan menjadi mudghoh, kemudian di utuslah kepadanya malaikat meaniupkan ruh dan di perintahkan untuk menulis empat kata, yaitu menuliskan tentang rezekinya, ajalnya, amal perbuatannya, celaka atau bahagianya. (HR Muslim)


Pada Alam rahim inilah manusia dihidupkan oleh Allah swt, dengan ketentuan-ketentuan yang dimiliknya, baik berupa rezeki, ajal, amalnya. Dengan kita menyakini adanya ketentuan-keatentuan yang telah ditetapkan oleh sang pencipta kita maka kita akan menjadi orang yang meyakini bahwa hidup kita sudah ada yang merekayasanya, kita hanya berusaha dan menjalankan apa yang sudah di tentukan bagi kita.

Alam Dunia:


وَإِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلَائِكَةِ إِنِّي جَاعِلٌ فِي الْأَرْضِ خَلِيفَةً قَالُوا أَتَجْعَلُ فِيهَا مَنْ يُفْسِدُ فِيهَا وَيَسْفِكُ الدِّمَاءَ وَنَحْنُ نُسَبِّحُ بِحَمْدِكَ وَنُقَدِّسُ لَكَ قَالَ إِنِّي أَعْلَمُ مَا لَا تَعْلَمُونَ

Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat: "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi". Mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui".(Al Baqorah : 30)



إِذْ قَالَتِ الْمَلَائِكَةُ يَامَرْيَمُ إِنَّ اللَّهَ يُبَشِّرُكِ بِكَلِمَةٍ مِنْهُ اسْمُهُ الْمَسِيحُ عِيسَى ابْنُ مَرْيَمَ وَجِيهًا فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ وَمِنَ الْمُقَرَّبِينَ

(Ingatlah), ketika Malaikat berkata: "Hai Maryam, sesungguhnya Allah menggembirakan kamu (dengan kelahiran seorang putera yang diciptakan) dengan kalimat (yang datang) daripada-Nya, namanya Al Masih `Isa putera Maryam, seorang terkemuka di dunia dan di akhirat dan termasuk orang-orang yang didekatkan (kepada Allah), (Ali Imran : 45)


Dari dua ayat qur'an diatas dapat disimpulkan, bahwa alam dunia adalah disiapkan oleh Allah untuk manusia beramal. Dan turunnya manusia kea lam dunia melalui proses kelahiran. Jadi Alam dunia adalah alam ke dua yang dilalui manusia. Dan di alam Dunia manusia diuji apakah ia termasuk yang taat ataukah yang bermaksiat kepada  Allah swt. Alam dunia adalah alam ujian. Allah swt berfirman :

لَتُبْلَوُنَّ فِي أَمْوَالِكُمْ وَأَنْفُسِكُمْ وَلَتَسْمَعُنَّ مِنَ الَّذِينَ أُوتُوا الْكِتَابَ مِنْ قَبْلِكُمْ وَمِنَ الَّذِينَ أَشْرَكُوا أَذًى كَثِيرًا وَإِنْ تَصْبِرُوا وَتَتَّقُوا فَإِنَّ ذَلِكَ مِنْ عَزْمِ الْأُمُورِ

Kamu sungguh-sungguh akan diuji terhadap hartamu dan dirimu. Dan (juga) kamu sungguh-sungguh akan mendengar dari orang-orang yang diberi Kitab sebelum kamu dan dari orang-orang yang mempersekutukan Allah, gangguan yang banyak yang menyakitkan hati. Jika kamu bersabar dan bertakwa, maka sesungguhnya yang demikian itu termasuk urusan yang patut diutamakan.(Ali Imran :186)

Bersambung....

0 komentar:

Posting Komentar